Usai KTT G20, Pengamanan di Pelabuhan Lembar Tetap Optimal 

Pemeriksaan dan pengamanan di Pelabuhan Lembar tetap diperketat pihak Kepolisian kendati pelaksanaan G20 Bali telah berakhir (foto: ist)
13 Melihat

LOBAR, POS BALI – Usainya gelaran KTT G20 Bali yang berlangsung beberapa waktu lalu tak menjadi patokan berkurangnya pengamanan di Pelabuhan Lembar. Pihak Kepolisian memastikan bahwa situasi di Kawasan Pelabuhan Lembar Pascaoperasi Puri Agung 2022 tetap kondusif dengan pengamanan yang masih terus dioptimalkan.

Polsek Kawasan Pelabuhan Lembar pun tetap melanjutkan pengamanan melalui Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD). Hal itu disampaikan Kapolsek Kawasan Pelabuhan Lembar Iptu Adi Sipayung, Selasa (22/11/2022).

Pengganti Iptu Irvan Surachman itu mengatakan untuk intensitas pengamanan di Kawasan Pelabuhan masih tetap seperti sebelumnya. “Hanya saja, dalam pelaksanaannya secara rutin yang ditingkatkan adalah memaksimalkan pelibatan personel Polsek Kawasan Pelabuhan Lembar, bersama Otoritas Penyeberangan Pelabuhan Lembar,” ungkapnya.

Adapun cara bertindaknya, melakukan pemeriksaan baik di pintu masuk maupun saat aktivitas bongkaran saat kapal penyeberangan bersandar di Pelabuhan. “Saat keberangkatan kita fokuskan pemeriksaan pengguna jasa di Tol Gate Pelabuhan PT ASDP Lembar, untuk arus penyeberangan sendiri berjalan normal,” ujarnya.

Pemeriksaan yang dimaksud antara lain melaksanakan pemeriksaan identitas diri dari pengguna jasa, pemeriksaan surat-surat kendaraan. Kemudian barang muatan juga tidak luput dari pemeriksaan, serta pemeriksaan protokol Covid-19 sesuai dengan ketentuan perjalanan orang dalam negeri pada masa pandemi.

“Selain itu juga melakukan kegiatan patroli di atas Kapal, untuk memberikan rasa aman dan nyamanan kepada masyarakat pengguna jasa penyeberangan,” pungkasnya.

Terkait dengan ketentuan Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN), meliputi pemeriksaan sertifikat vaksin bagi pengguna Jasa baik pengguna kendaraan roda dua maupun roda empat. “Namun tetap mengedepankan cara persuasive humanis, memberikan himbauan kepada pengguna jasa atau penumpang di atas kapal. Untuk tetap mematuhi protokol kesehatan selama dalam pelayaran guna mencegah penularan Covid-19,” imbuhnya. 033

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.