Lomba Ogoh-ogoh Mini Bangli Diselipi Teknologi Terkini

Wakil Bupati Bangli, I Wayan Diar, penyerahan hadiah lomba ogoh-ogoh mini tingkat pelajar dan umum di Alun-alun Bangli, Minggu (22/5/2022).
51 Melihat

BANGLI, POS BALI – Sebanyak 50 peserta meramaikan Festival Ogoh-ogoh Mini serangkaian HUT ke-818 Kota Bangli dan upaya memberi ruang ekspresi bagi kreator ogoh-ogoh saat ini. Wakil Bupati Bangli, I Wayan Diar, menghadiri acara penyerahan hadiah lomba ogoh-ogoh mini tingkat pelajar dan umum di Alun-alun Bangli, Minggu (22/5/2022).

Turut hadir Kadis BPKAD Bangli sekaligus Ketua Panitia HUT Kota Bangli, I Dewa Agung Bagus Riana Putra; Kadisparbud Bangli, I Wayan Sugiarta; dan Sekretaris Disdikpora Bangli, I Nengah Wikrama.

Lomba ogoh-ogoh mini diikuti 50 peserta yang dibagi menjadi dua kategori, yakni umum dan pelajar. Kegiatan berlangsung selama tiga hari mulai 20 s.d. 22 Mei. Juri terdiri dari tiga orang, dengan satu di antaranya maestro ogoh-ogoh dari Tampaksiring yakni Gusman Surya, dan dua juri lainnya asli warga Bangli.

Wakil Bupati Diar dalam arahannya menyampaikan, lomba ogoh-ogoh sangat baik dilaksanakan untuk mendongkrak kreativitas dan seni pemuda Bangli. Dengan begitu mereka dapat bersaing dengan kabupaten lain di Bali.

“Kreativitas dan seni juga sangat menentukan dalam kehidupan kita. Apalagi kita sebagai pemuda yang akan menjadi penerus bangsa, dapat mempertahankan seni budaya kita itu sangat luar biasa,” pesannya.

Melalui lomba ini, sambung Diar, diharap kreativitas pemuda di bidang karya ogoh-ogoh dapat tertampung dan dinikmati pecinta ogoh-ogoh. Terlebih hasil karya insan muda Bangli dan juga seluruh Bali ini sangat menginspirasi, pula menggunakan unsur-unsur teknologi kekinian.

Dia menilai karya ogoh-ogoh saat ini sudah berkembang pesat, sehingga tak hanya menampilkan wujud ogoh-ogoh mini, “Tapi juga menampilkan sketsa hingga alur cerita dalam konsep ogoh-ogoh.” 028

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.