Jukung Terbalik, Tiga Nelayan Nyaris Tenggelam

Kapolsek Kerambitan, AKP Ni Luh Komang Sri Subakti, saat berkoordinasi dengan para nelayan dan pihak terkait di Pantai Pasut, Desa Tibubiu, Kerambitan, Tabanan, Kamis (24/11/2022).
32 Melihat

TABANAN, POS BALI – Sebuah jukung berpenumpang tiga nelayan dari Banjar Pasut, Desa Tibubiu, Kecamatan Kerambitan, Tabanan, terbalik di tengah laut, Kamis (24/11/2022). Hal itu terjadi gara-gara tali pengikat kantih jukung tersebut putus sehingga jukung itu oleng, dan kemudian terbalik menjungkirkan ketiga nelayan ke laut.

Ketiga nelayan dimaksud yakni I Made Suartika (57) selaku kapten jukung, I Wayan Sada (60), dan I Putu Gede Indra Dwijantara (27). Mereka berhasil diselamatkan para nelayan setempat, termasuk jukung yang terbalik itu berhasil dievakuasi ke daratan.

 

Hari itu mereka berangkat melaut untuk mencari ikan, sekitar pukul 07.00 Wita. Mereka berangkat melaut dari Pantai Pasut dengan menggunakan jukung fiber. Saat dalam perjalanan sekitar 20 menit ke tengah laut, atau berjarak sekitar 12 kilometer dari bibir pantai, dengan kedalaman sekitar 60-70 meter, tiba-tiba kantih jukung sebelah kiri terlepas, karena tali pengikat kantih putus.

Salah satu nelayan yang ikut di jukung tersebut, Sada, kemudian menghubungi I Ketut Arsana Yasa alias Sadam, nelayan Pantai Pasut yang juga Ketua DPC Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Tabanan, lewat telepon, guna minta pertolongan. Beruntung waktu itu HP-nya masih bisa dipakai untuk menelepon, meski dalam kondisi basah.

Atas informasi kejadian tersebut, Sadam yang juga anggota DPRD Tabanan itu kemudian berangkat bersama rekannya, I Nyoman Sukarma, untuk melakukan penyelamatan menggunakan jukung Pasut Cruise 1. Mereka juga dibantu tiga jukung nelayan dari Pantai Kelecung, untuk melakukan evakuasi.

Sekitar pukul 11.40 Wita, salah satu nelayan, Indra Dwijantara, berhasil dievakuasi oleh nelayan dari Banjar Kelecung, dan mendarat di Pantai Kelecung, Desa Tegalmengkeb, Kecamatan Selemadeg Timur. Sekitar pukul 11.40 Wita, Sadam dan rekannya juga berhasil mengevakuasi dua nelayan, Suartika dan Sada, hingga mendarat di Pantai Pasut.

Selain ketiga nelayan tadi berhasil diselamatkan, rekannya sesama nelayan pun berhasil mengevakuasi jukung yang terbalik di tengah laut, lewat Pantai Kelecung, Desa Tegal Mengkeb, Kecamatan Selemadeg Timur.

Kapolsek Kerambitan, AKP Ni Luh Komang Sri Subakti, mengatakan, dari kejadian tersebut, Polsek Kerambitan juga berkordinasi dengan Kasatsamapta Polres Tabanan, Kasatpolair Polres Tabanan. Juga dengan para nelayan di Pantai Pasut dan nelayan Pantai Kelecung, serta Perbekel Desa Tibubiu, untuk bersama-sama membantu dalam proses evakuasi korban dari tengah laut. “Astungkara, proses evakuasi dilancarkan, dan tiga nelayan tadi berhasil diselamatkan,” ujarnya. gap

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.