Hari Palang Merah Sedunia, PMI Ajak Tebar Kebaikan

Suasana Apel Peringatan Hari Palang Merah Sedunia di Markas PMI Provinsi Bali, Kamis (12/52022).
25 Melihat

DENPASAR, POS BALI – Peringatan Hari Palang Merah Sedunia setiap tanggal 8 Mei, mengingatkan pada perjuangan Henry Dunant dalam menjaga martabat manusia pada pertempuran di Solferino. Peringatan Hari Palang Merah tahun 2022 mengambil tema “Be Human Kind – Believe in the power of kindness”.

Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Bali juga tindak ketinggalan untuk ambil bagian dalam menyemarakkan hari jadi Palang Merah sebagai tonggak berdirinya gerakan Palang Merah. Dengan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan pada Kamis (12/5/2022) bertempat di Markas PMI Provinsi Bali, antara lain Apel Peringatan Hari Palang Merah Sedunia. Dalam acara ini juga diberikan penghargaan Pendonor Darah Sukarela (DDS) 50 kali untuk memberikan motivasi bagi para pendonor untuk terus sama-sama bantu sesama melalui kegiatan donor darah sukarela.

Ketua Pengurus PMI Provinsi Bali, I Gusti Bagus Alit Putra, dalam sambutannya menyampaikan, PMI mengajak siapapun untuk dapat terus menebarkan kebaikan kepada sesama di mana pun untuk siapa saja yang membutuhkan tanpa memandang agama, suku atau ideologi politik. “Dan Peringatan Hari Palang Merah Sedunia menjadi momentum untuk terus menggelorakan semangat dan nilai-nilai kepalangmerahan dalam pelaksanaan tugas-tugas kemanusiaan,” katanya.

Ia menegaskan, Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional ada untuk siapa saja dan di mana saja, dengan 7 (tujuh) prinsip dasar, gerakan memberikan harapan, dukungan, serta perubahan positif di masyarakat. “Selamat Hari Palang Merah Sedunia. Mari terus tebar kebaikan untuk kemanusiaan,” ujar Alit Putra.

Dalam kegiatan peringatan Hari Palang Merah Sedunia di PMI Bali juga dilaksanakan kegiatan donor darah yang mengajak para peserta apel untuk sama-sama bantu sesama melalui kegiatan donor darah. Selain itu, dilaksanakan sosialisasi penyakit tidak menular (PTM) oleh Ketua Bidang Kesehatan PMI Provinsi Bali, Dr. dr. Anak Ayu Sri Wahyuni, Sp.KJ, Kemudian dilanjutkan pelayanan kesehatan berupa cek kadar gula darah, kolesterol serta asam urat. Kegiatan ini mengajak peserta apel serta masyarakat sekitar berpartisipasi untuk mendapatkan pelayanan kesehatan serta informasi terkait terkait penyakit tidak menular.

Sebagai puncaknya dilaksanakan Dialog Online (Log-On) PMI Bali dengan tema “Napak Tilas jejak Henry Dunant” sebagai peringatan Hari Palang Merah. Ia dikenal sebagai Bapak Palang Merah Sedunia. Dalam kegiatan menghadirkan I Gst Ngurah Arya Bayu Permadi, dan I Gusti Ngurah Mayura, sebagai perwakilan Relawan PMI Provinsi Bali yang pernah berkesempatan napak tilas di Solferino yang merupakan lokasi pertempuran di mana Henry Dunant berjibaku dalam membentu dan mengobati para korban perang. 026

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.