Festival Karya Produk, Rangsang Ide Usaha Peternakan di Kalangan Mahasiswa Unud

Suasana penilaian dalam kegiatan Festival Karya Produk (FKP) 2021 di Fakultas Peternakan Unud, Kampus Bukit Jimbaran, Badung, Sabtu (18/12/2021).
2,372 Melihat

MANGUPURA, posbali.co.id – Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM-KM) Fakultas Peternakan Universitas Udayana (Unud) mengadakan Festival Karya Produk (FKP) 2021 di Gedung AE Fakultas Peternakan Unud, Kampus Bukit Jimbaran, Badung, Sabtu (18/12/2021). Kegiatan dilaksanakan secara offline dengan mematuhi protokol kesehatan.

FKP 2021 mengambil tema “Menumbuhkan Ide Kreatif sebagai Peluang Usaha Peternakan di Kalangan Mahasiswa “. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah mewadahi kreativitas mahasiswa khususnya di bidang peternakan dan menghasilkan karya produk yang berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat. Kompetisi ini diikuti oleh seluruh mahasiswa Fakultas Peternakan Unud.

Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Informasi, Dr. I Nyoman Sumerta Miwada, S.Pt., M.P., dalam sambutannya saat membuka kegiatan ini menyampaikan apresiasi terhadap panitia yang telah mampu menyelenggarakan FKP 2021. Dikatakan, melalui kegiatan ini dapat dipakai sebagai ajang untuk meningkatkan kualitas diri sehingga memiliki kemampuan untuk menghasilkan karya produk yang berkualitas dan berguna untuk masyarakat dan menciptakan peluang usaha sebagai bekal ke depannya.

Ada lima karya produk dalam FKP tahun ini. Kelimanya yakni  Paw Nature Capsule (PN-C), ketua kelompok Ni Putu Putri Analenda Sastrawan; Natural Scrub, ketua kelompok Kristian Tambunan; Ekstrak Ketepeng Cina (Cassia alata L) sebagai Obat Scabies pada Ternak, ketua kelompok Wiwit Widdatul Fuadah; Pemanfaatan Rumput Sisa Makanan Sapi Menjadi Pupuk Nokorimono, ketua kelompok George Marthin Junior Oemboe Warata; Sasuka (Sabun Susu Kambing), ketua kelompok Yulia Karisma Rizki.

Adapun dewan juri pada acara Festival Karya Produk 2021 adalah Dr. Ir. Gede Suarta, M.Si; Dr.Ir.Sri Anggreni Lindawati, M.Si; Dr. Ir. Anak Agung Ayu Sri Trisnadewi, MP. Berdasarkan penilaian dewan juri, didapatkan 3 juara Festival Karya Produk 2021.

Sebagai Juara 1 yaitu kelompok yang diketuai oleh George Marthin Junior Oemboe Warata dengan karya Pemanfaatan Rumput Sisa Makanan Sapi Menjadi Pupuk Nokorimono. Sebagai juara 2 yaitu Ekstrak Ketepeng Cina  (Cassia alata L) sebagai Obat Scabies pada Ternak, yang diketuai oleh kelompok Wiwit Widdatul Fuadah; dan sebagai Juara 3 yaitu Natural Scrub, oleh kelompok  Kristian Tambunan. 026

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.