Dispar Lobar Dinilai Tak Mampu Tangkap Peluang Kehadiran Kapal Pesiar

MS Regatta saat sandar di Pelabuhan Gili Mas Lembar (foto: 033)
24 Melihat

LOBAR, POS BALI – Kedatangan kapal pesiar yang masuk di perairan Lobar tampaknya tak begitu berkesan. Pasalnya, Dinas Pariwisata Lobar dianggap tak bisa membaca dan bahkan tak mampu menangkap peluang atas kehadiran kapal pesiar tersebut.

Terbaru, kedatangan Kapal Pesiar MS Regatta yang sandar di Pelabuhan Gili Mas Lembar terkesan biasa-biasa saja. Hanya penyambutan biasa dengan pengalungan bunga, selebihnya para wisatawan tidak dibuat terkesan atas apa yang dilihat saat penyambutan.

Parahnya lagi, di Pelabuhan Gili Mas tersebut keterlibatan UMKM asal Lobar pun begitu minim. Bahkan ada yang diketahui berasal dari luar Lobar.

Ketua Komisi II DPRD Lobar Abubakar Abdullah pun menyoroti minimnya persiapan Dinas Pariwisata menyambut kapal pesiar itu. “Kita harus jujur bagaimana kesiapan kita, dan ini menjadi catatan ke depan bagaimana kemudian kedatangan tamu cruise ini dipersiapkan dengan matang,” ujarnya, Rabu (16/11/2022).

Padahal politisi PKS itu menilai momentum datangnya kapal pesiar itu setelah pandemi Covid-19 sangatlah bagus dalam peningkatan kunjungan wisatawan. Terlebih ini menjadi kali pertama kapal pesiar kembali singgah di Gili Mas.

Namun ia juga tak memungkiri persiapan untuk menyambut tamu kapal pesiar itu harus dibenahi kembali. Demi memberikan rasa nyaman dan kesan yang baik dibawa kembali ke negara asal wisatawan. “Kalau mau memberikan rasa nyaman kepada tamu, fasilitasnya dibenahi termasuk atraksi-atraksi budaya itu menjadi hal yang penting untuk menyambut mereka,” jelas Abubakar.

Secara terpisah, Kabid Pemasaran Dinas Pariwisata (Dispar) Lobar, Hj Marlina mengaku jika pihaknya sedang membahas terkait paket travel bagi tamu kapal pesiar dengan para agen travel. “Pembahasan oleh Pak Kadis dengan pihak travel,” ujar mantan pejabat di Sat Pol PP Lobar itu. 033

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.