Desember, Dekranasda NTB Siap Gelar Lombok-Sumbawa Tenun Festival 2022

Ketua Dekranasda NTB, Niken Saptarini Zulkieflimansyah saat mengalami anak-anak sekolah dalam kunjungannya di Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) (foto: ist)
17 Melihat

Dekranasda NTB akan menggelar event Lombok Sumbawa Tenun Festival 2022 pada 3 Desember 2022 mendatang. Kegiatan tahunan Dekranasda NTB ini akan menampilkan pameran karya-karya tenun khas NTB, fashion show busana kreasi tenun, dan kompetisi desainer busana tenun.

Ketua Dekranasda NTB, Niken Saptarini Zulkieflimansyah, mengatakan, Lombok Sumbawa Tenun Festival 2022 merupakan ajang untuk melestarikan budaya tenun di NTB, dan juga mendorong pertumbuhan fashion berbahan kain tenun daerah ini.

“Dalam Lombok Sumbawa Festival 2022 ini, juga akan ditampilkan berbagai program yang sudah dilakukan Dekranasda sepanjang tahun ini,” ujarnya, Rabu (23/11/2022).

Bunda Niken, panggilan karib istri Gubernur NTB itu, mendaku, sejauh ini Dekranasda NTB telah menjalankan program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) untuk anak-anak putus sekolah di NTB. Puluhan remaja perempuan ini dibekali skill dan kemampuan kerajinan kain tenun tradisional, manajemen pengelolaan, promosi dan pemasaran. Diharapkan mereka bisa memulai wirausaha untuk kerajinan tenun ini.

Melalui program inkubasi fashion untuk desainer tenun, Dekranasda NTB juga sudah mampu melahirkan setidaknya 15 desainer tenun. Mereka sudah dibekali kemampuan desain fashion, hingga promosi dan pemasaran produk.

Dalam Inkubasi fashion desainer pemula ini, Dekranasda mendampingi dan memberi pendidikan selama 5 bulan untuk desainer pemula. Prosesnya ketat, ada tes ujian kelulusan. Saat ini ada 15 desainer dari hasil seleksi puluhan yang mendaftar.

“Saya cukup senang, Dekranasda NTB bisa menghasilkan generasi baru desainer. Selama ini ada senior-senior desainer NTB, tapi itu pun jumlahnya sedikit dihitung jari. Nah, kehadiran 15 ini diharapkan mereka bisa jadi desainer-desainer baru di NTB,” ungkap Bunda Niken.

Menurut dia, produk para peserta PKW dan Inkubasi Fashion ini akan ditampilkan dan turut meramaikan Lombok Sumbawa Tenun Festival 2022 nanti.

Lombok Sumbawa Tenun Festival 2022 juga mengundang Dekranasda Provinsi lain di Indonesia. Hingga saat ini yang sudah memastikan hadir adalah Dekranasda Provinsi Bali dan Kalimantan Utara (Kaltara).

Sebelumnya pada 2 November 2022 lalu, Dekranasda NTB turut meramaikan dan mempromosikan tenun khas NTB dalam acara Fashion Show Pemeran IKM Bali Bangkit ke-9 di Denpasar Bali. rul

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.