Bongkar Muat Kapal Cepat di Bangsal Berlaku Januari 2023

Suasana bongkar muat penumpang di Dermaga Bangsal Pemenang. (Foto: 034)
12 Melihat

KLU, POS BALI – Kebijakan Pemerintah Kabupaten Lombok Utara (KLU) menerapkan sistem bongkar muat penumpang kapal cepat dengan sistem satu pintu (one gate system) akan diberlakukan penuh pada tanggal 1 Januari 2023 mendatang. Bongkar muat langsung dari Bali-Gili (Trawangan, Meno dan Air) hanya berlaku hingga Desember 2022. Selanjutnya Pemkab Lombok Utara akan mulai menerapkan sistem satu pintu yang berpusat di Pelabuhan Bangsal.

“Kita mulai berlakukan Januari 2023 one gate system ini,” tegas Wakil Bupati Lombok Utara Danny Karter Febrianto Ridwan, Senin (21/11/2022).

Dikatakannya, penegasan ini merupakan sikap Pemda menjawab polemik yang terjadi dan seperti diungkapkan sebelumnya bahwa penegasan terkait pemberlakuan one gate system setelah WABK dan KTT G20 usai digelar.

“Dasar acuan kita Surat Keputusan Kadishub KLU bernomor : 550216/XI.03/Dishub202 yang dikeluarkan pada Kamis 17 November 2022,” terangnya.

Surat keputusan itu hanya sementara sampai dengan ada regulasi maupun SOP dari pemerintah kabupaten, provinsi, dan pusat terkait langkah penerapan one gate system. “Regulasi ini masih digodok dengan kementerian juga untuk mempersiapkan dan menimbang plus minusnya seperti apa. Untuk pariwisata dan ekonomi ke depan,” ungkapnya.

Lebih jauh, Danny mengatakan, one gate system akan tetap berjalan sembari pemerintah mempersiapkan segala yang harus dilakukan di Pelabuhan Bangsal. Sebagaimana surat rekomendasi Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi, yang mana pada poin ketiga, dinyatakan pemda mempersiapkan keselamatan dan kenyamanan sistem transportasi rakyat (kapal yang dikelola pengusaha lokal) sehingga ada waktu satu setengah bulan untuk memperbaikinya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Lombok Utara, Anding Duwi Cahyadi juga mengamini apa yang diterangkan Wabup bahwa one gate system akan berlaku mulai 1 Januari 2023. Hal ini merupakan hasil kesepakatan dalam rapat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yang digelar belum lama ini, di mana nanti kapal dari Bali akan menuju Bangsal kemudian wisatawan akan menggunakan public boat ke tiga gili. 034

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.