Awalnya Buka Setiap Sabtu, Kini Melayani Setiap Hari

Layanan Kurir “Antar Hari Ini Sampai Hari Ini”

Bagus Budiantara saat ditemui di Lumintang, Denpasar, Senin (9/5/2022). Bagus mendirikan Kurir Bali yang sudah dijalaninya enam bulan lebih. (foto: rap)
47 Melihat

DENPASAR, POS BALI – Terik matahari pada Senin (9/5/2022) siang di Kota Denpasar cukup terasa. Ruang terbuka nan sejuk seperti Taman Kota dan Lapangan Lumintang, Denpasar menjadi pilihan banyak warga maupun pekerja untuk beristirahat.

Begitu pula Bagus Budiantara. Sejenak ia beristirahat di Lumintang, sebelum balik ke Karangasem. Setelah memarkir MPV yang dikendarainya, ia keluar dari mobil. Tampak pria berbadan tegap ini mengenakan baju merah bertuliskan “Kurir Bali”.

Sudah tujuh bulan Bagus membuka usaha jasa yang boleh dibilang awalnya “coba-coba” ini. “Namanya memang Kurir Bali, tetapi sejauh ini baru melayani jalur Denpasar–Karangasem. Kadang-kadang sampai ke Kuta dan Nusa Dua,” ujar pria asal Karangasem ini membuka percakapan di sela-sela waktu istirahatnya itu.

Ia menuturkan, ide usaha ini berawal dari pengamatannya akan adanya kebutuhan suplier-suplier di Karangasem yang sering melakukan pembelian barang di Denpasar. Saat itu ia berpikir, bagaimana memberikan pelayanan kepada ‘semeton’ Karangasem dengan efisiensi waktu, hemat biaya, dan barang sampai dengan aman dan nyaman.

Pada September 2021, Bagus memberanikan diri membuka layanan kirim dengan mengusung tagline “Antar Hari Ini Sampai Hari Ini”. Ketika itu baru melayani pengiriman setiap hari Sabtu. Dengan armada mobil MVP atau pikap sesuai keperluan. Untuk mengakses layanan ini, konsumen cukup menghubungi WA +6281237061399. Jadi, tidak perlu mengunduh aplikasi khusus.

Informasi itu ia sebarluarkan di media sosial. Ternyata mendapat respons dari orang-orang yang membutuhkan jasa kurir. Mulai dari usaha-usaha florist, suplier boneka, perhiasan, baju, sepatu, dan lainnya. Ada juga penitipan dokumen atau surat, pengiriman kulkas, beragam barang rumah tangga, hingga sepeda motor pun diangkut.

“Sejak awal yang paling sering kami layani itu kebutuhan florist, bunga untuk dekorasi. Karena di Karangasem belum ada suplier besar, jadi fokusnya di Denpasar. Hampir semua florist di Karangasem menggunakan jasa kurir ini untuk pengambilan,” papar Bagus Budiantara.

Seiring berjalannya waktu, permintaan pengiriman barang terus meningkat. Pengiriman yang awalnya seminggu sekali, lalu ditambah menjadi dua kali seminggu. Kemudian tiga kali seminggu. Mulai Januari 2022, menjadi Senin s.d. Sabtu. Akhirnya, sekarang Kurir Bali melayani setiap hari. “Selain saya sendiri, sekarang ada empat driver lain yang saya ajak bareng melayani pelanggan,” ujarnya.

Pria 35 tahun ini mengungkapkan, dalam sehari Kurir Bali melayani belasan hingga 20an titipan. Tentu pengirimannya dibagi dengan teman-temannya. Ada yang jalan pagi dan ada siang hari. Sesuai dengan pesanan yang masuk. “Awal buka dulu, kadang ada order, kadang tidak. Mungkin saat itu orang masih berpikir, benar tidak layanan ini, benar tidak bayarnya murah,” tuturnya.

Terkait harga layanan, ia menetapkan mulai Rp30 ribu untuk dokumen atau barang berukuran kecil. Rp60 ribu untuk barang dengan ukuran atau volume sedang. Rp120 ribu untuk barang berukuran besar, seperti sepeda motor. “Jadi, harga menyesuaikan jenis dan volume barang,” imbuh bapak satu anak ini.

Bagus dan teman-temannya berupaya melayani sebaik-baiknya untuk kepuasan dan kepercayaan pelanggan. Ia menargetkan kiriman dengan rute Denpasar-Karangasem, maksimal 4–5 jam sudah sampai. “Keterlambatan misalnya karena di suplier belum disiapkan barangnya. Terpaksa menunggu lagi, padahal tugas kami adalah ambil dan langsung angkut,” ceritanya.

Bagus Budiantara bersyukur layanan yang dibukanya dapat membantu masyarakat. Namun ia tidak berpuas diri. Sesuai namanya, Kurir Bali, ia berkeinginan agar layanan pengiriman ini benar-benar bisa melayani rute seluruh Bali. Selain Denpasar/Badung–Karangasem, kata dia, belakangan sudah ada pengiriman Klungkung–Bangli. Ke depan, ia berharap bisa membuka rute Denpasar–Buleleng.

Sejam mengobrol dengan Pos Bali, waktu menunjukkan pukul 14.00 Wita. Bagus pun bersiap melanjutkan perjalanan ke Karangasem untuk mengirim bunga florist dan alat tulis kantor (ATK) yang tentunya sudah ditunggu oleh pelanggannya. Sebelumnya, pagi hari ia berangkat dari Karangasem, mengambil ikan koi di Klungkung untuk dikirim ke Seminyak, Kuta. rap

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.